Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mendaftar (Registrasi) Kartu Telkomsel, Mudah Banget!

cara mendaftar kartu telkomsel

Cara Mendaftar Kartu Telkomsel bagi para pelanggan lama maupun baru dengan beberapa metode berbeda.

Telkomsel merupakan salah satu provider telekomunikasi terbesar di Indonesia yang menyediakan layanan kartu prabayar dan pascabayar. Nah, sebelum dapat dipergunakan kalian harus melakukan registrasi terlebih dahulu.

Hal ini sangat penting untuk melindungi hak dan keamanan dari penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, seperti kriminalitas, penipuan, serta mematuhi regulasi pemerintah terkait penggunaan kartu telepon.

Manfaat Registrasi Kartu Telkomsel

manfaat registrasi kartu telkomsel

Dengan melakukan pendaftaran, pengguna memiliki berbagai manfaat terutamanya adalah:

  • Terhindar dari penyalahgunaan data pribadi atau tindakan kejahatan seperti penipuan, spamming, siber, dsb yang bisa merugikan mereka dan memudahkan dalam proses pengaduan jika terjadi masalah pada SIM Card.
  • Selain itu, dapat menikmati beragam layanan terkait transaksi online termasuk promo serta penawaran menarik lainnya, hingga non tunai.
  • Bahkan untuk kepentingan keuangan inklusif, penyaluran dana bantuan pemerintah maupun sejenisnya.

Baca Juga: 4 Cara Mengembalikan Kartu SIM Terblokir All Operator

Tentang Persyaratan

Sebagai operator seluler terkemuka di tanah air, Telkomsel menetapkan berbagai persyaratan dan kebijakan kepada seluruh pelanggannya.

Tujuannya adalah untuk memastikan keamanan, keabsahan, serta kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku. Berikut beberapa rincian mengenai syarat-syaratnya:

  1. Identitas diri: Calon pelanggan wajib menyediakan dokumen identitas asli yang masih berlaku berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Data tersebut harus menunjukkan secara lengkap, termasuk nama, tanggal lahir, maupun nomor identitas.
  2. Verifikasi biometrik: Selain dokumen, pengguna juga diwajibkan melakukan verifikasi biometrik dengan melibatkan pemindaian sidik jari/wajah sebagai langkah tambahan. Proses ini biasanya dilakukan di gerai Telkomsel atau mitra resmi lainnya.
  3. Nomor induk kependudukan (NIK): Sesuai dengan peraturan pemerintah, setiap pelanggan harus memiliki NIK yang terdaftar di Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Dimana nantinya akan digunakan sebagai identitas unik dalam proses registrasi.
  4. Nomor kartu keluarga (KK): Selain NIK, juga juga diperlukan nomor KK untuk memverifikasi keterkaitan antara NIK dan data kependudukan.
  5. Nomor telepon: Paling penting adalah menyiapkan kartu/nomor Telkomsel yang masih aktif.

Tentang Kebijakan

  1. Batas kepemilikan: Anda hanya diperbolehkan memiliki maksimal 3 (tiga) kartu aktif, kalau lebih maka Telkomsel berhak menonaktifkannya.
  2. Masa berlaku: Kamu wajib melakukan isi ulang (Pulsa/data) sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Jika tidak, SIM akan terblokir atau tak dapat digunakan.
  3. Perpanjangan masa aktif Untuk memperpanjang masa aktif, Sobat bisa registrasi ulang di gerai resmi, biasanya membutuhkan verifikasi identitas kependudukan yang sama dengan pendaftaran awal.

4 Cara Mendaftar Kartu Telkomsel

Di sini, ada beberapa cara mudah dalam melakukan proses registrasi, antara lain melalui SMS, telepon, dan secara online.

Setiap metode memiliki langkah-langkah yang berbeda namun sangat gampang untuk diikuti. Jadi, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Mendaftar Melalui SMS

Cara pertama adalah dengan memulai registrasi melalui format SMS, kemudian kamu akan mendapatkan balasan konfirmasi jika proses sudah berhasil dilakukan. Caranya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi perpesanan/SMS pada perangkat Anda.
  • Ketikan pesan dengan Format REG (spasi) NIK#NomorKK#.
  • Setelah memastikan seluruh data yang tercantum dalam NIK dan KK sudah tepat, langsung aja kirim SMS-nya ke nomor tujuan 4444.
  • Tunggu beberapa saat untuk menerima notifikasi dari pihak Telkomsel bahwa Kartu mu telah berhasil diregistrasi. Namun, jika gagal silahkan ulangi seperti langkah awal.

Sedangkan bagi pelanggan lama formatnya seperti ini: ULANG NIK#KK# lalu kirim ke 4444.

2. Registrasi Via Telepon

Selain lewat SMS, pendaftaran juga bisa dilakukan melalui panggilan telepon dengan menghubungi layanan pelanggan. Kalian hanya perlu mengikuti instruksi yang diberikan oleh petugas untuk menyelesaikan prosesnya.

Setiap operator telekomunikasi pastinya memiliki nomor official masing-masing, jika pengguna mengalami kesulitan/masalah terkait layanan termasuk registrasi.

Bagi Telkomsel sendiri dapat menghubungi 188 atau 0871811811, namun siapkanlah pulsa terlebih dahulu karena ini berbayar.

Setelah menghubungi pihak operator, beritahukan apa keperluan Anda. Kemudian, ikuti petunjuk selanjutnya dari mereka.

3. Daftar Lewat Online

Cara Mendaftar Kartu Telkomsel seterusnya adalah secara online melalui situs web resminya. Metode ini sama mudahnya dengan dua cara di atas, berikut informasinya buat Anda.

  • Akses halaman Registration, kemudian temukan opsi "Registrasi" berwarna merah di bagian bawah.

    cara registrasi kartu telkomsel secara online

  • Masukkan Informasi yang diminta pada halaman tersebut seperti nomor SIM, KTP atau KK. Pastikan untuk mengisi semua data dengan benar dan lengkap.
  • Setelah mengisi informasi, kamu akan diminta melakukan verifikasi identitas dengan mengirimkan foto KTP/KK.
  • Proses permintaan pendaftaran biasanya hanya memerlukan waktu beberapa menit, dan dapat memeriksa status registrasinya lewat aplikasi atau langsung di situs Telkomsel.

Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Gagal Registrasi

Kegagalan dalam melakukan proses registrasi terkadang disebabkan oleh terjadinya kesalahan dari pihak pelanggan itu sendiri, biasanya meliputi ketidaksesuaian antara nomor NIK dan KK, atau salah menulis format SMS.

Berikut beberapa langkah bagaimana mengatasi kegagalan saat daftar SIM Telkomsel Anda.

  • Sekali lagi bahwa kamu harus memastikan kelengkapan dokumen secara lengkap dan benar.
  • Coba kembali registrasi ulang menggunakan format SMS/telpon/online.
  • Jika masih mengalami kendala, segera hubungi customer service untuk mendapatkan bantuan atau konsultasi dengan mereka.
  • Sebagai alternatif, Anda bisa mengunjungi gerai terdekat dan melakukan registrasi secara langsung.

Apa Dampak Jika kartu Telkomsel Tidak di Registrasi?

Sebagaimana telah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2016 bahwa semua pelanggan telekomunikasi diwajibkan meregistrasi nomor mereka sebelum dapat digunakan.

Kalau tidak, Kalian akan menghadapi beberapa dampak yang merugikan, di antaranya:

  1. Penghentian Layanan: Operator menghentikan akses ke panggilan telepon dan SMS (Masuk/keluar) paling lambat 30 hari sejak tanggal pemberitahuan diberlakukan. Sehingga, menyebabkan gangguan dalam komunikasi.
  2. Pemblokiran Internet: Operator juga memblokir sementara bahkan memutus jaringan internet yang bisa menghambat aktivitas sehari-hari.
  3. Pembatasan Layanan Pelanggan: Dampak lainnya adalah mengalami keterbatasan terutama tentang pengajuan keluhan, permintaan informasi, serta perubahan data.

Bagaimana Jika Kartu Telkomsel Rusak atau Hilang?

Kalau SIMCard Anda hilang/rusak, disarankan segera mengunjungi MyGraPari. Sebuah media pelayanan yang bersifat digital bahkan bisa diakses secara mandiri (self-service) dan area publik.

Cara menggunakannya: Siapkan e-KTP, KK, serta dua buah nomor kontak yang baru dihubungi selama satu bulan terakhir.

Kemudian, pilih menu Pelanggan Telkomsel > SIMCARD Hilang/rusak > Lalu masukkan nomor yang rusak/hilang tersebut > Masukkan nomor identitas KTP/KK untuk validasi data pelanggan dan menerima kartu baru.

Berapa Lama Waktu Validasi?

Validasi merupakan bagian dari proses registrasi kartu prabayar, biasanya memerlukan waktu beberapa menit atau paling lambat 1x24 jam setelah pendaftaran dan semua data pelanggan telah dimasukkan dengan benar.

Berapa Jumlah Maksimal Kartu Prabayar?

Sekali lagi, sesuai undang-undang yang berlaku tentang registrasi pelanggan jasa telekomunikasi bahwa setiap pengguna hanya diperbolehkan mendaftar sebanyak tiga nomor dari masing-masing operator per satu NIK.

Namun, jika mereka membutuhkan lebih banyak nomor atau bagi masyarakat yang memiliki kebutuhan khusus dapat mengunjungi langsung gerai/mitra resminya dengan membawa data kependudukan.

Baca Juga: Cara Mengubah (Upgrade) Kartu SIM 3G ke 4G

Kesimpulan

Sebagai salah satu jaringan operator terbaik di tanah air yang memiliki jangkauan luas dan kualitas prima, Telkomsel adalah pilihan utama bagi masyarakat Indonesia.

Namun, sebelum bisa menikmati semua layanannya, kalian perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu sesuai peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Dengan Cara Mendaftar Kartu Telkomsel, Anda turut berperan dalam menjaga keamanan sekaligus kenyamanan penggunaan dari layanan telekomunikasi. Disamping, dapat memanfaatkan seluruh produknya secara optimal.
Dedi Riadi
Dedi Riadi Hello perkenalkan nama saya Dedi Riadi, saya adalah penulis dan pengembang blog/website Jejakterkini.com, Terimakasih.

Post a Comment for "Cara Mendaftar (Registrasi) Kartu Telkomsel, Mudah Banget!"